Video Blog (Vlog) : Mini Research after Forest Talk with Blogger

Video Blog (Vlog) : Mini Research after Forest Talk with Blogger - Kebutuhan masyarakat Dunia dan Indonesia akan berita, informasi, serta hiburan di abad ke 21 ini semakin meningkat. Alih-alih mencarinya di televisi, masyarakat kini sudah beralih ke youtube. Apapun yang ingin untuk ditonton, selama itu baik akan tersedia disana. Oleh sebab itu kini menjadi youtuber sudah seperti profesi, dewasa ini semakin banyak youtuber bermunculan. Pendapatan mereka pun tidak main-main, seorang youtuber profesional bahkan bisa mendapatkan ratusan juta rupiah per bulan, sebut saja Atta Halilintar dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : Forest Talk with Blogger, Kampanye Lestari Hutan ala Millennials

Jangan Lupa Subscribe Channel I'ib Persada

Latar Belakang Pembuatan Channel Youtube

Beberapa hari lalu saya mengikuti kegiatan Forest Talk with Blogger yang diselenggarakan oleh Yayasan Doktor Sjahrir dengan kampanye hashtag lestari hutan. Kegiatan ini berlangsung sangat menyenangkan, ada berbagai macam lomba yang dilaksanakan seperti twitter, instagram, dan lomba blog.

Kegiatan Forest Talk with Blogger

Jauh-jauh hari sebelum kegiatan ini diselenggarakan. Saya pribadi memang tertarik dengan berbagai macam isu-isu lingkungan hidup. Awalnya saya termotivasi untuk mengikuti lomba blog. Namun setelah dipikirkan lagi, ini adalah momentum yang tepat untuk mulai membuat sebuah konten video blog (vlog) meskipun dengan peralatan seadanya.

Sudah sejak beberapa bulan lalu saya memikirkan jenis konten apa yang cocok dengan saya. Selain isu lingkungan hidup, saya sangat senang dengan isu pendidikan karena one of my dreams is a lecturer. Oleh karena itu bagaimanapun caranya, dengan vlog yang akan saya buat nanti dapat mengedukasi orang lain.

Tujuan Membuat Channel Youtube

Tujuan membuat vlog tersebut adalah untuk melatih diri supaya terbiasa dan lancar dalam berbicara dan berkomunikasi. Kemudian, membuat vlog merupakan suatu langkah yang cepat untuk bisa berbagi informasi dan pengetahuan kepada semua orang di berbagai belahan dunia. Kita dapat dengan mudah memperluas relasi dan jaringan.

Kampanye #lestarihutan

Jenis-Jenis Konten 

Kebetulan background pendidikan saya adalah Ilmu Hukum. Saya senang dengan berbagai macam isu hukum, politik, sosial, maupun lingkungan hidup. Sehingga vlog ini akan berbicara seputar tema-tema tersebut. Rencanaya akan ada 4 jenis konten utama yakni:

Sumber Foto : Pixabay.com

Mini Research adalah jenis konten dimana saya akan mengambil satu isu penting kemudian mencari rumusan masalahnya. Selanjutnya dilakukan penelitian sederhana dengan melakukan wawancara kepada orang-orang yang berkaitan dengan isu tersebut. Pada akhirnya saya akan menemukan kesimpulan dari isu yang dimaksud.

Discussion and Opinion adalah sebuah percakapan ringan di cafe, warung kopi, atau tempat santai lainnya. Di dalamnya akan membahas berita-berita dan kasus-kasus terhangat. Mungkin saya akan mengajak teman, guru, dosen, atau narasumber yang memiliki pengetahuan dasar tentang suatu kasus atau berita yang diambil.

Law Teaching adalah suatu upaya yang saya lakukan untuk berbagi berbagai macam materi perkuliahan yang saya dapatkan di kampus.

Daily Vlog adalah sebuah konten yang akan menyajikan berbagai macam kegiatan menarik saya selama berkuliah di Magister Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Daily Vlog ini akan berbicara seputar kehidupan mahasiswa magister.

Yes, Upload Konten Vlog Untuk Pertama Kalinya

Mari kita kembali bicara tentang kegiatan Forest Talk with Blogger. Dr Amanda  membuka kegiatan tersebut, ia menjelaskan bahwa ada riset mengenai persepsi anak muda perkotaan di Indonesia  mengenai kondisi lingkungan hidup khususnya isu-isu tentang kelestarian hutan.

Nah di dalam vlog saya kali ini, saya akan mencari tahu bagaimanakah respon dari petani dan anak muda mengenai hutan. Mengapa memilih petani dan anak muda? Silahkan langsung saja tonton vlog saya dibawah ini ya.

Jangan lupa subscribe dan berikan kritik, saran, juga komentarnya supaya konten selanjutnya bisa lebih baik lagi. Selamat menonton.

Tonton video di bawah ini



Post a Comment

0 Comments